Rabu, 18 April 2012

Mengapa nafas kita terengah-engah setelah berolahraga?

"ngos-ngosan"
Setelah berlari beberapa saat pasti kita akan merasa capek dan nafas kita pun akan "ngos-ngosan". Tapi sejenak kita harus berfikir, kenapa bisa terjadi demikian?.
Hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah, untuk lebih jelas kita akan mulai dari dasar. Dalam melakukan aktivitas manusia membutuhkan adanya energi, energi ini nantinya dibutuhkan untuk mengaktifkan  sel sampai organ yang ada dalam tubuh manusia. Energi akan terbentuk melalui reaksi antara glukosa dan oksigen serta menghasilkan prodak yaitu karbondioksida, air, dan energi.
Pada saat  berlari misalnya,kita tidak dapat mengambil oksigen secara maksimal, karena pada saat berlari kita fokus pada aktifitas kita (berlari) dan pada saat inilah energi terbentuk sekaligus terkuras walaupun oksigen yang kita hirup hanya sedikit, energi yang kita gunakan saat berlari terbentuk dari sebagian besar glukosa, namun energi yang terbentuk ini akan menghasilkan prodak sampingan yaitu asam laktat yang akan melekat pada otot, dan asam laktat sendiri bila terus menumpuk akan menyebabkan otot kita terasa capek/pegal-pegal. Bila asam laktat ini tidak segera diurai akan berbahaya bagi manusia, maka dari itu setelah berhenti berlari kita akan "ngos-ngosan" atau dengan kata lain paru-paru akan mengambil oksigen secara paksa dari luar untuk mengurai asam laktat yang menumpuk pada otot kita.
Dari sini sudah jelaskan mengapa kita merasa capek dan "ngos-ngosan" setelah berolahraga?.
Sekian postingan kali ini, dan semoga bermanfaat bagi kita semua. 


2 komentar: